Connect us :

Phone : (024) 355-2555

Soft Skill Psikologi Unaki

Together, Higher, Unstoppable
Soft Skill Psikologi Unaki

Soft skill adalah kemampuan komunikasi, karakteristik seseorang, kecerdasan sosial yang melekat, serta kemampuan beradaptasi dengan baik di dalam kehidupan sehari-hari maupun di dunia kerja. Mengingat pentingnya mahasiswa untuk memiliki kemampuan ini, maka Psikologi Unaki mengadakan kegiatan Soft Skill pada tanggal 20-21 Juni 2023 di Lembah Kemenangan Ungaran dengan mengambil tema Together, Higher, Unstoppable.

Kepanitiaan diisi oleh HMF Psikologi Unaki dari semester 4, 6, dan 8, serta beberapa alumni dari Psikologi Unaki yang secara sukarela ingin membantu mensukseskan acara ini. Total peserta berjumlah 107 orang mahasiswa Psikologi Unaki semua angkatan kelas regular pagi.

Ada aturan unik yang diterapkan oleh panitia, yaitu semua HP disita dan disimpan di kamar dosen. Tujuannya agar peserta fokus mengikuti semua kegiatan tanpa mengecek HP sama sekali. Agar keluarga tidak cemas, maka sebelum HP disita, peserta diijinkan untuk menelpon keluarga dan mengabarkan bahwa mereka sudah sampai di tempat tujuan dan bahwa selama 2 hari mereka tidak bisa dihubungi. Sebenarnya, walau HP tidak disitapun, di tempat acara sangat sulit mendapatkan sinyal, mengingat acaranya di puncak gunung di tengah hutan hehehe….

Acara dibuka oleh Pembina HMF Psikologi, yaitu Lucy Hariadi, M.Psi., Psikolog, yang menyatakan senang sekali acara bermanfaat ini akhirnya terlaksana kembali setelah sekian lama vakum akibat Covid. Selanjutnya, mahasiswa langsung mendapatkan materi dari Siska Adinda PP, S.Psi., M.Si. mengenai kekuatan pikiran, bagaimana pikiran akan mempengaruhi sikap, perilaku, bahkan kesuksesan seseorang. Setelah dijelaskan, mahasiswa lalu diminta untuk untuk menuliskan kekuatan pikiran masing-masing dan diarahkan agar menjadi makin yakin dan mampu melampaui semua keterbatasan dalam meraih kesuksesan.

Setelah seminar, mahasiswa diperkenankan untuk masuk dan beristirahat sebentar di kamar masing-masing. Acara dilanjutkan dengan performance dari masing-masing angkatan. Ada yang menari berkelompok, menyanyi sambil bermain musik, drama, dan lain-lain. Kegiatan ini sangat meriah dan menimbulkan berbagai gelak tawa dan keseruan.

Psychology Got Tallent yang merupakan adaptasi dari acara TV show terkenal di dunia digelar pada malam hari, menampilkan para mahasiswa psikologi dengan bakatnya masing-masing. Ada yang menyanyi, menari, komedi, dll. Peserta memperebutkan hadiah berupa uang tunai. Acara PGT ini dimenangkan oleh Rosmega angkatan 2020 yang menampilkan modern dance, Agnes dan Radeva angkatan 2021 yang menampilkan lagu dan musik, serta Nia dan Tirsa angkatan 2021 yang menampilkan tarian tradisional Dayak.

Ketika malam semakin larut, mahasiswa melakukan berbagai permainan api unggun sambil membakar jagung yang sudang disiapkan oleh panitia. Dinginnya udara malam di Ungaran membuat suasana justru makin hangat. Meskipun acara berakhir pada jam 23.00 dan para mahasiswa sudah diijinkan untuk beristirahat di kamar masing-masing, namun sebagian masih senang bercengkerama bersama.

Keesokan paginya, Pk. 05.00 WIB mahasiswa sudah berbaris di lapangan untuk melakukan senam pagi agar tetap sehat. Usai mandi dan sarapan, mahasiswa berkumpul untuk mendengarkan pengumuman pemenang dan menerima hadiah. Tak lama, kemeriahan pun harus diakhiri. Para peserta check out dari kamar masing-masing dan bersiap untuk kembali ke kampus, untuk selanjutnya pulang ke rumah masing-masing.

Sampai jumpa di Soft Skill tahun depan.

Comments are closed.
error: Content is protected !!!