Pengaruh Good Corporate Governance, Kebijakan Keuangan Dan Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang listed di BEI Periode 2013-2017)

Authors

  • Andrias Eko Novembriyono Universitas AKI

Keywords:

Nilai Perusahaan, Dewam Komisaris Independen, Ukuran Dewan Direksi, Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan, Kebijakan Dividen, Return On Asset, Return On Equity

Abstract

Nilai perusahaan yang tinggi menjadi keinginan para pemegang saham, sebab dengan nilai yang tinggi, menunjukan kemakmuran pemegang saham juga tinggi. Oleh sebab itu, manajer perlu mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi nilai perusahaan agar perusahaan mampu meningkatkan nilai perusahaannya dengan maksimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Good Corporate Governance, Kebijakan Keuangan dan Kinerja Keuangan terhadap Nilai Perusahaan (Tobin’s Q). Penelitian ini dilakukan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2013-2017. Metode yang digunakan dalam pengambilan sampel yaitu purposive sampling method, diperoleh sampel sebanyak 26 perusahaan. Agar lolos dari uji normalitas, maka sebagian data outlier dikeluarkan sehingga diperoleh 17 perusahaan sampel yang terdiri atas 85 data SPSS. Penelitian ini menggunakan regresi linier berganda sebagai alat analisis. Analisis data dilakukan dengan menggunakan software SPSS versi 23. Hasil regresi penelitian menunjukan bahwa secara simultan Good Corporate Governance, Kebijakan Keuangan dan Kinerja Keuangan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Nilai Perusahaan. Uji hipotesis menunjukkan hasil uji t dari tujuh hipotesis yang diajukan menunjukan bahwa variabel Dewan Komisaris Indepeden, Keputusan Investasi, Return On Asset, dan Return On Equity berpengaruh secara positif terhadap nilai perusahaan sedangkan variabel Ukuran Dewan Direksi, Keputusan Pendanaan, dan Kebijkana Dividen tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Hasil uji koefisien determinasi (adjusted r square) menunjukkan nilai sebesar 0,908 yang artinya variabel penelitian mampu mempengaruhi nilai perusahaan sebesar 90,8%.

References

Anggraini, Dina. 2013. Pengaruh Good Corporate Governance terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Textile, Garment yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2009-2012. Jurnal Fakultas Ekonomi Universitas Maritim Raja Ali Haji.

Ardiyanto, Marcia Julifar, M. Chabachib, dan Wisnu Mawardi. 2017. Pengaruh Kepemilikan Institusional, DER, ROA, dan Current Ratio terhadap Nilai Perusahaan dengan Kebijakan Dividen sebagai Variabel Intervening (Studi pada Perusahaan Manufaktur di BEI Periode Tahun 2011-2015). Jurnal Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Diponegoro.

Ayem, Sri dan Ragil Nugroho. 2016. Pengaruh Profitabilitas, Struktur Modal, Kebijakan Deviden, dan Keputusan Investasi terhadap Nilai Perusahaan (Studi Kasus Perusahaan Manufaktur yang Go public di Bursa Efek Indonesia) Periode 2010-2014. Jurnal Akuntansi Vol.4, No.1, Juni 2016.

Badruddien, Yusuf, Tieka Trikartika Gustyana dan Andrieta Shintia Dewi. 2017. Pengaruh Good Corporate Governance, Leverage dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris pada Sektor Industri Barang Konsumsi di Bursa Efek Indonesia periode 2012-2015). e-Proceeding of Management: Vol.4, No.3, Desember 2017.

Ernawai, Dewi dan Dini Widyawati. 2016. Pengaruh Profitabilitas, Leverage, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi Vol.04 No.02.

Hasnawati, Sri dan Agnes Sawir. 2015. Keputusan Keuangan, Ukuran Perusahaan, Struktur Kepemilikan dan Nilai Perusahaan Publik di Indonesia. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, Vol.17, No.1, Maret 2015.

Hasnawati, Sri. 2005. Implikasi Keputusan Pendanaan, Keputusan Investasi, dan Kebijakan Dividen terhadap Nilai Perusahaan Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Jakarta. Disertasi Program Pascasarjana Universitas Padjajaran.

Herawati, Titin. 2013. Pengaruh Kebijakan Dividen, Kebijakan Hutang, dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Universitas Negeri Padang.

Jensen, Michael C. dan W.H. Meckling. 1976. Theory of The Firm: Managerial Behavior, Agency and Ownership Structure. Journal of Financial Economics.

Lestari, M.I., dan Sugiharto, T. 2007. Kinerja Bank Devisa dan Bank Non Devisa dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. PESAT Vol. 2.

Listyawati, I., & Kristiana, I. (2018). Analisis Pengaruh Good Corporate Governance Terhadap Kinerja Perusahaan Perbankan Di Indonesia. MAKSIMUM: Media Akuntansi Universitas Muhammadiyah Semarang, 8(2), 86-94.

Listyawati, I., & Ramadhan, R. (2018). Analisis Pengaruh Rasio Keuangan terhadap Nilai Perusahaan. MAKSIMUM: Media Akuntansi Universitas Muhammadiyah Semarang, 7(2), 1-10.

Mardiyanto, Handono. 2009. Intisari Manajemen Keuangan. Jakarta: Grasindo. Masdupi, Erni. 2005. Analisis Dampak Struktur Kepemilikan pada Kebijakan Hutang dalam Mengontrol Konflik Keagenan. Jurnal Ekonomi & Bisnis Indonesia, Vol.20, No.1.

Murtini, Umi. 2008. Pengaruh Kebijakan Manajemen Keuangan terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Riset Akuntansi dan Keuangan, Vol.4, No.1, Februari 2008.

Natarsyah, Syahib. 2000. Analisis Pengaruh Beberapa Faktor Fundamental dan Risiko Sistematik terhadap Harga Saham: Kasus Industri Barang Konsusmsi yang Go Public di Pasar Modal Indonesia. Jurnal Ekonomi dan BisnisIndonesia, Vol.15, No.1, Januari:127-139.

Pertiwi, P.J., Tommy P. dan J.R. Tumiwa .2016. Pengaruh Kebijakan Hutang, Keputusan Investasi dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan Food and Beeverages yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal EMBA Vol.4 No.1 Maret 2016.

Purnamasari, L., Kurniawati, S.L., dan Silvi, M. 2009. Independensi antara Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan, dan Kebijakan Dividen. Jurnal Keuangan dan Perbankan, Vol.13.

Purwani, T. (2019). ABID concept in the effect of financial policy on firm value. HOLISTICA–Journal of Business and Public Administration, 10(2), 51-68.

Purwani, T., & Oktavia, O. (2018). Profitabilitas, Leverage, Kebijakan Dividen, Kepemilikan Institusional dan Growth Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Bisnis Dan Ekonomi, 25(1).

Puspita, Novita Santi. 2011. Analisis Pengaruh Struktur Modal, Pertumbuhan Perusahaan, Ukuran Perusahaan, dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Periode 2007-2009 (Studi Kasus pada sektor Industri Food and Beverages. Jurnal Akuntansi.

Putra, Adhitya Agri. 2016. Pengaruh Good Corporate Governance terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris pada Perusahaan LQ45 yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2009-2013). Jurnal Ekonomi KIAT, Vol.27, No.2, Desember 2016.

Rahardjo, Budi Tri dan Ria Murdani. 2016. Pengaruh Kinerja Keuangan dan Pengungkapan Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan (Studi Kasus pada Perusahaan BUMN yang Terdaftar di BEI Tahun 2010- 2014). Jurnal Akuntansi Bisnis Vol.03, No. 01 Januari 2016.

Ramadani, Fitra Dwi dan Sri Mangesti Rahayu. 2017. Pengaruh Good Corporate Governance (GCG), Profitabilitas dan Leverage terhadap Nilai Perusahaan (Studi Kasus pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar Pada BEI periode 2013-2015). Jurnal Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya.

Sudiyatno, Bambang. 2010. Analisis Pengaruh Dana Pihak Ketiga, BOPO, CAR, dan LDR terhadap Kinerja Keuangan pada Sektor Perbankan yang Go Public di Bursa Efek Indonesia (BEI). Universitas Stikubank Semarang. Jurnal Dinamika Keuangan dan Perbankan, Vol.2, No.2.

Wijaya, Mateus. 2017. Pengaruh Penerapan Good Corporate Governance dan Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris pada Perusahaan BUMN yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia 2012- 2014). Jurnal Fakultas Ekonomi Universitas Riau.

Downloads

Published

2020-03-31

How to Cite

Novembriyono, A. E. (2020). Pengaruh Good Corporate Governance, Kebijakan Keuangan Dan Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang listed di BEI Periode 2013-2017). EBISTEK : Ekonomika, Bisnis Dan Teknologi, 3(1). Retrieved from https://unaki.ac.id/ejournal/index.php/ebistek/article/view/312