Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Tupperware di Semarang

Authors

  • Harries Arizonia Ismail Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas AKI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hipotesis yang terdiri dari pengaruh citra merek terhadap kepuasan pelanggan, pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan, pengaruh promosi terhadap kepuasan pelanggan dan pengaruh citra merek, kualitas produk, promosi secara bersama-sama terhadap kepuasan pelanggan. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Jumlah sampel yang mewakili sebanyak 95 responden yakni para anggota yang tergabung dalam Tupperware Indonesia yang berdomisili di kecamatan Banyumanik, Semarang. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan regresi berganda dan diolah dengan program SPSS versi 19.0. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan citra merek mempengaruhi kepuasan pelanggan secara positif dan signifikan, kualitas produk mempengaruhi kepuasan pelanggan secara positif dan signifikan, promosi mempengaruhi kepuasan pelanggan secara positif dan signifikan serta citra merek, kualitas produk, promosi secara bersama-sama mempengaruhi kepuasan pelanggan secara positif dan signifikan.

References

Buchari, A. (2008). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Cannon, J. P., Perreault, W. D. and McCarthy, E. J. (2008). Basic Marketing: A Global-Managerial Approach (16th ed.). New York: McGraw Hill.

Gitosudarmo, I. (2008). Manajemen Pemasaran, Edisi Kedua, Penerbit: BPFE-Yogyakarta.

Goenadhi, L. (2011). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Dalam Keputusan Pembelian Mobil Toyota Avanza Di Kota Banjarmasin. Jurnal Manajemen dan Akuntansi. Vol. 12, No. 2, Hal. 155-162.

Haryanto, R. A. (2013). Strategi Promosi, Kualitas Produk, Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan pada Restoran McDonald’s Manado. Jurnal EMBA, Vol. 1, No. 4, Hal. 1465-1473.

Hasan, A. (2008). Marketing, Edisi Pertama. Medpress, Yogyakarta.

Kotler, P. (2005). Manajamen Pemasaran, Jilid 1 dan 2. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.

Kotler, P. dan Armstrong, G. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran, Edisi 12, Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P. dan Keller, K.L. (2009). Manajemen Pemasaran, Edisi 13, Jilid 1, Penerbit Erlangga.

Kurniawati, D., Suharyono. dan Kusumawati, A. (2014). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan (Studi pada Pelanggan KFC Cabang Kawi Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), Vol. 4, No. 2, Hal. 1-9.

Lasander, C. (2013). Citra Merek, Kualitas Produk dan Promosi Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Makanan Tradisional. Jurnal EMBA, Vol. 1, No. 3, Hal. 284-293.

Rai, A.K., and Medha. S. 2013. The Antecedents of Customer Loyalty: An Empirical Investigation in Life Insurance Context. Journal of Competitiveness, Vol. 5, No. 2, Pg. 139-163.

Rangkuti, F. (2009). Strategi Promosi Yang Kreatif dan Analisis Kasus Integrated Marketing Communication. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Sekaran, U. (2008). Metodologi Penelitian Untuk Bisnis. Jakarta: Salemba Empat.

Simamora, B. (2008). Panduan Riset Perilaku Konsumen. Cetakan Ketiga. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Tjahjaningsih, E. (2013). Pengaruh Citra dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi pada Pelanggan Supermarket Carrefour di Semarang). Media Ekonomi dan Manajemen, Vol. 28, No, 2, Hal.13-27.

Tjiptono, F. (2006). Manajemen Jasa, CV.Andi Offset, Yogyakarta.

Tjiptono, F. (2008). Strategi Pemasaran, Edisi Ketiga, CV.Andi Offset, Yogyakarta.

Tjiptono, F. (2012). Service Manajemen, Mewujudkan Layanan Prima. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Zeithaml, V. A., and Bitner, M.J. (2008). Service Marketing. The McGraw Hill Companies, Inc.

Downloads

Published

2019-03-31

How to Cite

Ismail, H. A. (2019). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Tupperware di Semarang. EBISTEK : Ekonomika, Bisnis Dan Teknologi, 2(1). Retrieved from https://unaki.ac.id/ejournal/index.php/ebistek/article/view/333