Pengaruh Program Pemutihan Pembebasan Denda Pajak Kendaraan Bermotor, Pembebasan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBN-KB), Sosialisasi Perpajakan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor di SAMSAT Kota Semarang III

Authors

  • Yosvika Pebri Anjaya Program Studi Perpajakan, Universitas AKI
  • Ika Listyawati Program Studi Perpajakan, Universitas AKI
  • Erawati Kartika Program Studi Akuntansi, Universitas AKI

Keywords:

Program pemutihan pembebasan denda pajak kendaraan bermotor, pembebasan bea balik nama, sosialisasi perpajakan, kualitas pelayanan, kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh program pemutihan denda pajak kendaraan bermotor, pembebasan bea balik nama kendaraan bermotor (BBN-KB), sosialisasi perpajakan dan kualitas pelayanan terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor. Populasi dalam penelitian ini adalah wajib pajak kendaraan bermotor pada Kantor SAMSAT Kota Semarang III. Jumlah sampel yang digunakan adalah 100 orang sampel yang dipilih dengan metode non probability sampling, yaitu accidental sampling. Sumber data diperoleh dari kuesioner yang disebarkan kepada responden. Data dianalisis menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, regresi linier berganda dan pengujian hipotesis untuk membuktikan apakah ada atau tidaknya pengaruh dari tiap-tiap variabel independen terhadap variabel dependen, dan diolah menggunakan program IMB SPSS Versi 26. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa program pemutihan pembebasan denda pajak kendaraan bermotor, pembebasan bea balik nama kendaraan bermotor (BBN-KB), sosialisasi perpajakan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor, sedangkan kualitas pelayanan tidak berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor.

References

Ammy, B. (2023, Januari 1). Pengaruh Pemutihan Pajak Kendaraan, Pembebasan BBN, dan Kualitas Pelayanan Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak dengan Sosialisasi Perpajakan sebagai Variabel Moderating. Owner: Riset & Jurnal Akuntansi, Volume 7 Nomor 1, 173-183.

Amri, H., & Syahfitri, D. I. (2020). PENGARUH PENGETAHUAN PERPAJAKN, SOSIALISASI PERPAJAKAN, KESADARAN PAJAK DAN SANKSI PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK DALAM MEMBAYAR PAJAK KENDARAAN BERMOTOR DI KABUPATEN SUMBAWA. Journal of Accounting, Finance and Auditing, Vol. 2 No.2, Hal. 108-118.

Artati, J. M., & Hidayati, M. (2021, Juli). EFEKTIVITAS PELAKSANAAN PEMBEBASAN ADMINISTRATIF BEA BALIK NAMA KENDARAAN BERMOTOR PENYERAHAN II DALAM MENINGKATKAN PENERIMAAN PAJAK DAERAH TAHUN 2018-2020 (STUDI PADA PUSAT PENGELOLAAN PENDAPATAN DAERAH WILAYAH KOTA BEKASI). Jurnal Ilmu Administrasi Publik, Vol 1, No.4, 396-405.

Buku Profil UPPD dan Kantor SAMSAT Kota Semarang III, 2015.

Darmakanti, N., & Febriyanti, N. E. (2021, September). Efektivitas Pemutihan Pajak Kendaraan Bermotor Pada Masa Pandemi. JURNAL PACTA SUNT SERVANDA, VOLUME 2 NOMOR 2, 88-94.

Deda, H., & Hardianto, W. T. (2018). KUALITAS PELAYANAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR DI SAMSAT KOTA BATU. JISIP : Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Vol. 7 No. 3, 1-5.

Desiva, A. H., & Kholis, N. (2022). Pengaruh sosialisasi, fasilitas, kualitas pelayanan, dan sanksi perpajakan pada kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor. Jurnal Ekonomi dan Manajemen, Volume 19 Issue 2, 233-240.

Dewi, D. R., Putra, I. C., & Dicriyani, N. G. (2022, Juni). PENGARUH KESADARAN WAJIB PAJAK, KUALITAS PELAYANAN PAJAK, KEWAJIBAN MORAL, BIAYA KEPATUHAN, DAN SANKSI PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK KENDARAAN BERMOTOR DI KANTOR SAMSAT KLUNGKUNG. JURNAL KHARISMA, VOL. 4 No. 2, 371-386.

Dongoran, P., Safitriawati, T., Widayati, N., & Ningrum, N. C. (2022). Pengaruh Program E-Samsat, Samsat Keliling, Pemutihan PKB, Pembebasan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor Dan Operasi Kepolisian Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor (Studi Kasus Di Kantor Bersama SAMSAT Kota Tangerang). Jurnal Empire, VOL 2, NO 2, 135-147.

Husaini, A. (2020). ANALISIS EFEKTIFITAS KEBIJAKAN PEMUTIHAN BEA BALIK NAMA KENDARAAN BERMOTOR DI KOTA MALANG. Jurnal Profit, Volume. 14 No. 2, 48-55.

Khairunnisa. (2022, Maret 21). KUALITAS PELAYANAN PENGUJIAN KENDARAAN BERMOTOR PADA DINAS PERHUBUNGAN KOTA YOGYAKARTA. Jurnal Ilmu Administrasi Publik, Vol. 10 No. 1, Hal. 12-25.

Mahdani, T. M., & Ismatullah, I. (2021, Maret 1). PENGARUH SANKSI ADMINISTRASI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK DALAM MEMBAYAR PAJAK KENDARAAN BERMOTOR. JURNAL AKUNTANSI DAN EKONOMI, Vol. 6 No. 1, 16-25.

Marcheita, D. J., & Rachman, A. N. (2022). STUDI KEPATUHAN PEMBAYARAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR DENGAN PEMUTIHAN PAJAK SEBAGAI VARIABEL MODERASI. Juremi : Jurnal Riset Ekonomi, Vol. 1 No. 6, 621-634.

Maxuel, A., & Primastiwi, A. (2021, jUNI). JURNAL RISET MANAJEMEN DAN BISNIS, Volume 16, No. 1, 21-29.

Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia. 2022. Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 82 Tahun 2022 Tentang Dasar Pengenaan Pajak Kendaraan Bermotor, Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor, dan Pajak Alat Berat Tahun 2022.

Mindan, R. (2022, Februari). PENGARUH PENGETAHUAN PAJAK, SOSIALISASI PERPAJAKAN, DAN INSENTIF PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK KENDARAAN BERMOTOR. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi, Volume 11, Nomor 2, 1-18.

Ni Gst Ayu Dwi Permata Sari, I. M. (2022). Pengaruh Program Pemutihan Denda Pajak Kendaraan Bermotor, Pembebasan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor, Sosialisasi Perpajakan Dan Kesadaran Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor Di Kota Denpasar. Jurnal Kharisma Vol. 4, No. 1, Februari 2022, 4, 162-173.

Ningsih, N. A., Kepramareni, P., & Pradnyawati, S. O. (2022, Februari). PENGARUH KESADARAN WAJIB PAJAK,SOSIALISASI PERPAJAKAN,KEWAJIBAN MORAL,KUALITAS PELAYANAN DAN SANKSI PERPAJAKAN TERHADAP TINGKAT KEPATUHAN WAJIB PAJAK KENDARAAN BERMOTOR DI KANTOR SAMSAT KABUPATEN BANGLI. KHARISMA, VOL. 4 No. 1, 13-23.

Pemerintahan Provinsi Jawa Tengah. 2011. Keputusan Kepala Dinas Pendapatan dan Pengolaan Aset Daerah Provinsi Jawa Tengah Nomor : 973/7630/2011 Tentang Petunjuk Teknis Pemungutan Pajak Kendaraan Bermotor di Provinsi Jawa Tengah.

Pemerintahan Provinsi Jawa Tengah. 2022. Peraturan Gubernur Jawa Tengah Nomor 23 Tahun 2022 Tentang Pemberian Insentif Kepada Wajib Pajak Kendaraan Bermotor Provinsi Jawa Tengah.

Rahayu, C., & Amirah. (2018, Agustus). PENGARUH PROGRAM PEMUTIHAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR, PEMBEBASAN BEA BALIK NAMA KENDARAAN BERMOTOR, DAN SOSIALISASI PERPAJAKAN TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK KENDARAAN BERMOTOR (Studi Kasus Pada Kantor Bersama Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (SAMSAT) Kabupaten Brebes). Jurnal Permana, Vol. X No. 1, 1-14.

Rahmatika, K., & Salim, N. (2021). Analisis Pengaruh Tarif Pajak, Sanksi Pajak, Sosialisasi Pajak dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor di Jepara. JURNAL REKOGNISI AKUNTANSI, Vol. 5, nomor 1, 54-70.

Republik Indonesia, 2014. Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah.

Republik Indonesia, 2009. Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2009 Tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah.

Saputra, D., Dewi, R. C., & Erant, G. P. (2022, Januari 15). PENGARUH PROGRAM PEMUTIHAN PAJAK, PEMBEBASAN BEA BALIK NAMA, DAN SOSIALISASI PERPAJAKAN TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK KENDARAAN BERMOTOR. JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL, Volume 3, Issue 1, 56-67.

Sari, Y. B. (2015). Pengenaan Tarif Progresif Pada Pemungutan Pajak Kendaraan Bermotor Di Dinas Pendapatan Surabaya Jawa Timur Tahun 2015.

Sartika, E. D., Afifah, N., & Sari, S. N. (2021, September). PENGARUH INSENTIF PAJAK KENDARAAN BERMOTOR SELAMA PANDEMI COVID 19 TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK KENDARAAN BERMOTOR DI SULAWESI SELATAN. Analisa Akutansi dan Perpajakan, Volume 5, Nomor 2, Hlm 144-159.

Septianingrum, D., Kartika, E., & Sunarka, P. S. (2023). Pengaruh Strategi Promosi Midnight Sale, Gaya Hidup, Lokasi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Konsumen Matahari Department Store Java Supermall Di Semarang). JPRO, Vol. 4 No. 1 Tahun 2023, 27-35.

Sri, W. F. (2020, Maret). Pengaruh Pemutihan Pajak Dan Kesadaran Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Membayar Pajak Kendaraan Bermotor Di Kota Palembang. Jurnal Keuangan dan Bisnis, Maret 2020, 68-88.

Widiastini, N. A., & Supadmi, N. (2020, Juli). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Sanksi, Kualitas Pelayanan dan Sosialisasi pada Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor. E-Jurnal Akuntansi, Vol. 30 No. 7, Hal. 1645-1657.

Downloads

Published

2023-10-31

How to Cite

Yosvika Pebri Anjaya, Ika Listyawati, & Erawati Kartika. (2023). Pengaruh Program Pemutihan Pembebasan Denda Pajak Kendaraan Bermotor, Pembebasan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBN-KB), Sosialisasi Perpajakan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor di SAMSAT Kota Semarang III. EBISTEK : Ekonomika, Bisnis Dan Teknologi, 6(1). Retrieved from https://unaki.ac.id/ejournal/index.php/ebistek/article/view/620