KOMITMEN ORGANISASI DITINJAU DARI EMPOWERMENT PADA KARYAWAN BAGIAN PRODUKSI PT. JAMU JAGO SEMARANG
Abstract
Komitmen organisasi adalah keinginan yang kuat untuk menjadi anggota dalam suatu organisasi, mempertahankan keanggotaanya dan penerimaan nilai-nilai, tujuan-tujuan serta secara sabar mencurahkan usaha demi kepentingan organisasi. Salah satu faktor yang mempengaruhi komitmen organisasi adalah empowerment. Empowerment merupakan suatu pemberian kesempatan dan dorongan pada individu dalam organisasi untuk mendayagunakan bakat, ketrampilan, sumberdaya-sumberdaya dan pengalaman mereka guna menyelesaikan tanggung jawab dari pekerjaannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara empowerment dengan komitmen organisasi pada karyawan. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif. Subjek penelitian adalah karyawan produksi PT. Jamu Jago Semarang, penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 96 subjek. Uji analisis menggunakan korelasi product moment. Hasilnya menunjukkan ada hubungan yang positif signifikan antara empowerment dengan komitmen organisasi,dimana rxy = 0.612 dengan nilai p = 0.000 (p<0,01) dengan demikian hipotesis yang diajukan diterima. Adapun sumbangan efektif variabel empowerment terhadap komitmen organisasi sebesar 37.5%. Hasil penelitian ini juga menunjukkan variabel komitmen organisasi tergolong dalam kategori tinggi (90.63%), begitupun dengan variabel empowerment ada pada kategori tinggi (92.71%).Downloads
Published
2024-05-30
How to Cite
Widyastuti, A. R. ., & Sugeng Subroto, A. . (2024). KOMITMEN ORGANISASI DITINJAU DARI EMPOWERMENT PADA KARYAWAN BAGIAN PRODUKSI PT. JAMU JAGO SEMARANG . IMAGE, 1(2). Retrieved from https://unaki.ac.id/ejournal/index.php/image/article/view/425
Issue
Section
Articles