DAMPAK PSIKOLOGIS AKIBAT SISTEM PEMBELAJARAN ONLINE DAN PENANGANANNYA DI SEKOLAH KRISTEN KANAAN SEMARANG

Authors

  • Nicky Adi Adrian
  • Karnawati Karnawati
  • Nixon Dixon

Abstract

Kondisi psikologis peserta didik sangat perlu diperhatikan, karena menyangkut tercapainya sebuah tujuan pembelajaran yang dilakukan di kelas. Sistem pembelajaran online yang berjalan beberapa waktu lalu, dalam beberapa penelitian menunjukkan adanya dampak yang signifikan dalam hal penyediaan sarana dan prasarana, terutama alat komunikasi, jaringan internet, dan juga pendampingan secara individual. Dengan demikian perlu dikaji dampak psikologis peserta didik dalam kondisi tersebut. Tujuan penelitian ini adalah melihat dampak psikologis akibat sistem pembelajaran online dan bentuk penanganan yang dilakukan oleh sekolah. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data pengamatan langsung, menyebar kuisioner, serta wawancara. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik Sekolah Kristen Kanaan Semarang yang berjumlah tujuh belas peserta didik. Hasil penelitian ditemukan adanya dampak psikologis akibat pembelajaran online berupa masalah konsentrasi belajar, masalah stress, dan masalah motivasi belajar. Sedang bentuk peanganan dari sekolah adalah  dengan meminjamkan alat komunikasi, menyediakan kuota internet, mengubah metode pembelajaran untuk menarik peserta didik fokus, dan konseling pribadi oleh guru kelas dan guru agama.

Published

2023-11-06

How to Cite

Adi Adrian, N., Karnawati, K., & Dixon, N. (2023). DAMPAK PSIKOLOGIS AKIBAT SISTEM PEMBELAJARAN ONLINE DAN PENANGANANNYA DI SEKOLAH KRISTEN KANAAN SEMARANG . IMAGE, 2(2). Retrieved from https://unaki.ac.id/ejournal/index.php/image/article/view/521