Analisis Motivasi Belajar Bahasa Inggris Mahasiswa Fakultas Bahasa dan Budaya UNTAG Semarang

Authors

  • Gurendi Wiwoho Universitas 17 Agustus 1945 Semarang
  • Widiarsih Mahanani Universitas 17 Agustus 1945 Semarang
  • Muslimah Muslimah Fakultas Bahasa dan Budaya UNTAG Semarang

DOI:

https://doi.org/10.53873/culture.v8i1.235

Keywords:

Motivasi Belajar, Orientasi, sikap, Lingkungan Belajar

Abstract

Penelitian yang berjudul “Analisis Motivasi Belajar Bahasa Inggris Mahasiswa Fakultas Bahasa  dan Budaya Untag Semarang†bertujuan menganalisis motivasi belajar Bahasa Inggris mahasiswa di FBB Untag Semarang. Faktor-faktor yang dianalisis adalah orientasi, sikap dan lingkungan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif.  Hasilnya menunjukkan bahwa orientasi mahasiswa untuk belajar bahasa Inggris sangatlah positif dan secara umum mahasiswa yang telah menentukan pilihan mereka mengambil jurusan bahasa Inggris cukup memiliki kemauan untuk belajar dan tidak terlalu menutup diri dari komunikasi serta lingkungan belajar yang sangat mendukung. Ketiga faktor tersebut menunjukkan bahwa motivasi belajar bahasa Inggris mahasiswa FBB Untag Semarang sangatlah tinggi.

References

Brown, H. Douglas. 1987. Principles of Learning and Teaching. Prentice Hall:New Jersey. 2-nd Edition

Csikszentmihalyi, M. (1990). Flow: The Psychology of Optimal Experience. New York: Harper & Row.

Csikszentmihalyi, M. & Rathunde (1993). dalam J.E. Jacobs (Ed.). Developmental Perspectives on Motivation. Nebraska Symposium on Motivation, 1992, Volume 40. Lincoln, Nebraska: University of Nebraska Press. 57-97.

Dörnyei, Z. (1990). Conceptualizing motivation in foreign-language learning. Language Learning, 40/1, 45-78.

Gardner, R.C. & Lambert, W.E. (1972). Attitudes and Motivation in Second-Language Learning. Rowley, MA: Newbury House

Gardner, R. C. (1985). Social psychology and second language learning: The role of attitudes and motivation. London: Edward Arnold.

George.R, Asas-asas manajerial (alih bahasa Dr Winardi ) Bandung Alumni, 1986

Klein, W. 1986. Second Language Acquisition Cambridge : Cambridge University Press.

Legutke, M & Thomas. H. (1991) Process and Experience in the Language Classroom. Harlow: Longman

Pine, G.J. & Boy, A.V. (1977). Learner Centered Teaching: a Humanistic View. Denver, Colorado: Love Publishing Co.

Van Lier, L. (1996). Interaction in the Language Curriculum: Awareness, Autonomy, and Authenticity. London: Longman.

Williams, M. & Burden, R.L. (1997). Psychology for Language Teachers: A Social Constructivist Approach. Cambridge: Cambridge University Press

Zaenun, Buchari. (1979). Management dan Kecemasan. Balai Aksara . Jakarta.

Downloads

Published

2021-05-01