Analisis Motivasi Belajar Bahasa Inggris Mahasiswa Fakultas Bahasa dan Budaya UNTAG Semarang
DOI:
https://doi.org/10.53873/culture.v8i1.235Keywords:
Motivasi Belajar, Orientasi, sikap, Lingkungan BelajarAbstract
Penelitian yang berjudul “Analisis Motivasi Belajar Bahasa Inggris Mahasiswa Fakultas Bahasa dan Budaya Untag Semarang†bertujuan menganalisis motivasi belajar Bahasa Inggris mahasiswa di FBB Untag Semarang. Faktor-faktor yang dianalisis adalah orientasi, sikap dan lingkungan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Hasilnya menunjukkan bahwa orientasi mahasiswa untuk belajar bahasa Inggris sangatlah positif dan secara umum mahasiswa yang telah menentukan pilihan mereka mengambil jurusan bahasa Inggris cukup memiliki kemauan untuk belajar dan tidak terlalu menutup diri dari komunikasi serta lingkungan belajar yang sangat mendukung. Ketiga faktor tersebut menunjukkan bahwa motivasi belajar bahasa Inggris mahasiswa FBB Untag Semarang sangatlah tinggi.References
Brown, H. Douglas. 1987. Principles of Learning and Teaching. Prentice Hall:New Jersey. 2-nd Edition
Csikszentmihalyi, M. (1990). Flow: The Psychology of Optimal Experience. New York: Harper & Row.
Csikszentmihalyi, M. & Rathunde (1993). dalam J.E. Jacobs (Ed.). Developmental Perspectives on Motivation. Nebraska Symposium on Motivation, 1992, Volume 40. Lincoln, Nebraska: University of Nebraska Press. 57-97.
Dörnyei, Z. (1990). Conceptualizing motivation in foreign-language learning. Language Learning, 40/1, 45-78.
Gardner, R.C. & Lambert, W.E. (1972). Attitudes and Motivation in Second-Language Learning. Rowley, MA: Newbury House
Gardner, R. C. (1985). Social psychology and second language learning: The role of attitudes and motivation. London: Edward Arnold.
George.R, Asas-asas manajerial (alih bahasa Dr Winardi ) Bandung Alumni, 1986
Klein, W. 1986. Second Language Acquisition Cambridge : Cambridge University Press.
Legutke, M & Thomas. H. (1991) Process and Experience in the Language Classroom. Harlow: Longman
Pine, G.J. & Boy, A.V. (1977). Learner Centered Teaching: a Humanistic View. Denver, Colorado: Love Publishing Co.
Van Lier, L. (1996). Interaction in the Language Curriculum: Awareness, Autonomy, and Authenticity. London: Longman.
Williams, M. & Burden, R.L. (1997). Psychology for Language Teachers: A Social Constructivist Approach. Cambridge: Cambridge University Press
Zaenun, Buchari. (1979). Management dan Kecemasan. Balai Aksara . Jakarta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Gurendi Wiwoho, Widiarsih Mahanani, Muslimah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.