NILAI KARAKTER TANGGUNG JAWAB DALAM BUKU CERITA ANAK KELUARGA CEMARA KARYA ARSWENDO ATMOWILOTO

Authors

  • Muhammad Arief Budiman UNIVERSITAS PGRI SEMARANG
  • Ikha Listyarini UNIVERSITAS PGRI SEMARANG

DOI:

https://doi.org/10.53873/culture.v9i1.286

Keywords:

Character Values, Cemara Family Children's Story Book

Abstract

This study aims to analyze the value of the character of responsibility in the Cemara Family Children's Storybook by Arswendo Atmowiloto. This type of research is a qualitative research with descriptive method. The data in this study was carried out using the Cemara Family story book which contains character values. The sample was taken using purposive sampling, namely from thirty-nine subtitles, fifteen subtitles were taken from 3 sets of titles as samples. Based on the results of the analysis of research data through descriptions, it was found that the character values ​​in the Cemara Family children's story book by Arswendo Atmowiloto were found. The value of the character is shown through the sentences in each story. Of all the stories analyzed, there are 12 stories that show the value of the character of responsibility.

Author Biography

Ikha Listyarini, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang

References

Amalia, N. A., Listyarini, I., & Budiman, M. A. (2021). Analisis Pemahaman Nilai-Nilai Karakter dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Melalaui Bermain Peran. Mimbar Ilmu, 26(1).

Apriyanti, N., & Burhendi, F. C. A. (2020, October). Analisis evaluasi pembelajaran daring berorientasi pada karakter siswa. In PROSIDING SEMINAR DAN DISKUSI PENDIDIKAN DASAR.

Atmowiloto, Arswendo. 2017. Keluarga Cemara. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Budiman, Muhammad Arief. 2013. Stories As Tools For Building Character. Prosiding International Seminar on Linguistics (ISOL I - Unand) : Bahasa dan Perannya dalam Membentuk Karakter Bangsa. vol 1 no 1

Budiman, M. A., Listyarini, I., & Putri, A. D. S. (2019, October). NILAI KARAKTER BUKU SISWA KELAS IV TEMA TEMPAT TINGGALKU. In Seminar Pendidikan Nasional (SENDIKA) (Vol. 1, No. 1, pp. 365-371).

Dewi, N., & Prihartanti, N. (2014). Metode biblioterapi dan diskusi dilema moral untuk pengembangan karakter tanggungjawab. Jurnal Psikologi, 41(1), 47-59.

Diyelsa, T., & Ismaniar, I. (2022). Hubungan Antara Perhatian Orang Tua Dengan Perkembangan Karakter Tanggungjawab Belajar Anak Usia 7-8 Tahun Selama Masa Pandemi Di RW 12 Kelurahan Pasie Nan Tigo. Jurnal Family Education, 2(1).

Fahroji, O. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter. Qathrunâ, 7(1), 61-82.

Fitrayadi, D. S. (2016). Peran Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Mengembangkan Karakter Tanggungjawab Peserta Didik di Era Globalisasi di SMA Negeri 1 Baleendah. Untirta Civic Education Journal, 1(2).

Hamalik, Oemar, 2007. Manajemen Pengembangan Kurikulum, Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Khotimah, D. N., Budiman, M. A., & Subekti, E. E. (2019, October). Analisis Program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) di SDN Karanganyar Gunung 01 Semarang dan Dampaknya dalam Kehidupan Sehari-hari Siswa. In Seminar Pendidikan Nasional (SENDIKA) (Vol. 1, No. 1, pp. 157-162).

Lina, H. H. U. (2021). Menumbuhkan Karakter Tanggungjawab AUD melalui Recalling Hadist Kebersihan di TK Muslimat NU Nurul Islam Kudus. Journal of Industrial Engineering & Management Research, 2(4), 309-317.

Mawardi, F. (2021). PELAKSANAAN METODE RESITASI PADA PESERTA DIDIK UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER TANGGUNGJAWAB. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 7(02), 375-392.

Ningrum, C. H. C., Fajriyah, K., & Budiman, M. A. (2019). Pembentukan Karakter Rasa Ingin Tahu Melalui Kegiatan Literasi. Indonesian Values and Character Education Journal, 2(2), 69-78.

Nugroho, K. (2020). Pengaruh Ekstrakurikuler Rohis dan Motivasi Belajar Terhadap Karakter Tanggungjawab Siswa di SMK Negeri 2 Ponorogo (Doctoral dissertation, IAIN PONOROGO).

Rochmah, E. Y. (2016). Mengembangkan karakter tanggung jawab pada pembelajar (Perspektif psikologi barat dan psikologi Islam). AL-MURABBI: Jurnal Studi Kependidikan dan Keislaman, 3(1), 36-54.

Siburian, P. (2012). Penanaman dan implementasi nilai karakter tanggung jawab. Jurnal Generasi Kampus, 5(1), 85-102.

Soegeng. 2007. Dasar – Dasar Penelitian. Semarang: IKIP PGRI Press

Sudaryanto.2015.Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa.Yogyakarta: Sanata DharmaUniversity Press.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sudjana. 2006. Metode Statistik. Jakarta: Rineka Cipta.

Suryaman, M. 2010. Pendidikan Karakter melalui Pembelajaran Sastra. Cakrawala Pendidikan, 124-125. https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/view /240 Diunduh pada tanggal 7 November 2017, 11.56 WIB

Tim Penyusun Kamus Besar Pusat. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional

Umam, Choirul. 2017. Analisis Nilai Moral Dalam Buku Dongeng Kancil Dan Sahabat Karibnya Karya Fatiharifah Dan Nia Yustisia. Semarang. UPGRIS

Wadu, L. B., Samawati, U., & Ladamay, I. (2020). Penerapan nilai kerja keras dan tanggungjawab dalam ekstrakurikuler pramuka di sekolah dasar. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 4(1), 100-106.

Wibowo, A., & Gunawan. 2015. Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Widodo, Ari, dkk. 2007. Pendidikan IPA di SD. Bandung: UPI PRESS.

Downloads

Published

2022-05-11