REKAYASA PEMBELAJARAN PEMBENTUKAN DNA MANUSIA DENGAN METODE PENDEKATAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING

Authors

  • Stephanus Widjaja

Abstract

Model pembelajaran konvensional adalah model pembelajaran yang saat ini masih digunakan dalam proses belajar mengajar di sekolah tinggi. Salah satu kegiatan belajar mengajar yang saya meneliti adalah proses belajar mengajar dalam mata pelajaran biologi, terutama di bagian pembentukan DNA manusia dimana proses pembelajaran terjadi kesulitan dalam pengiriman bahan untuk siswa karena kurangnya Media visualisasi dan proses pembelajaran yang cenderung membosankan karena guru hanya mengajar penyampaian materi dan menggunakan buku teks sebagai bahan sumber. Tujuan dari penulis adalah untuk mengembangkan modul pembelajaran membantu guru menyajikan materi kepada siswa dan menemukan model baru pembelajaran yang tidak membosankan bagi siswa. Sedangkan pendekatan Problem Based Learning (PBL) diharapkan menjadi guru dalam penyampaian pilihan material untuk siswa. Metode ini menggunakan model pengembangan buatan Instruksional Desain Sistem (ISD) dengan analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Sementara produk rekayasa yang dihasilkan akan diuji untuk siswa untuk menentukan apakah sistem ini diterapkan untuk memecahkan permasalahan yang ada. Kata kunci: Pembelajaran Konvensional, Instructional Desain Sistem, Problem Based Learning

Downloads

Published

2017-05-29