MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN MATA UANG RUPIAH DI SD THERESIANA 02 SEMARANG

Authors

  • Yani Prihati
  • Albert Santoso

Abstract

Penggunaan komputer seiring kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi mengalami perkembangan yang sangat pesat. Banyak bidang yang telah menggunakan teknologi ini untuk membantu kegiatannya. Dengan bantuan teknologi komputer dapat dibuat suatu aplikasi dalam bidang pendidikan yang tentunya dapat dijadikan sebagai pendukung dari metode pengajaran yang sudah ada dengan harapan dapat membantu mempermudah dalam pemahaman materi yang disampaikan.Pengenalan mata uang rupiah adalah salah satu pokok bahasan dalam mata pelajaran Matematika untuk siswa kelas III SD. Di dalam pokok bahasan ini penyampaian materi dengan menggunakan gambar buku. Bagi siswa yang memiliki daya tangkap bagus sewaktu mendapat pengajaran menggunakan buku, hal ini tidak menjadi masalah. Akan tetapi apabila ada dari siswa yang memiliki daya tangkap kurang dan kurangnya ketertarikan siswa dengan buku, hal ini dapat menjadi masalah karena siswa cenderung cepat lupa akan apa yang disampaikan oleh guru-guru mereka jika hanya menggunakan buku. Oleh karena itu penulis membuat suatu program bantu pembelajaran matematika pada pokok bahasan mata uang rupiah sehingga dengan adanya program bantu ini dapat menjadi alternatif lain pembelajaran dan membuat siswa lebih tertarik untuk mempelajarinya.Program bantu pembelajaran ini dibuat menggunakan Adobe Flash CS3. Karena fasilitas yang disediakan dalam Adobe Flash CS3 ini sudah cukup lengkap dan juga sangat dikenal, sehingga banyak buku yang dapat digunakan sebagai referensi dalam pembuatan aplikasi ini.   Kata Kunci : Matematika, Adobe Flash CS3

Downloads

Published

2017-07-21