APLIKASI PERAMALAN PERMINTAAN DAN PENGENDALIAN PERSEDIAAN RINGAN DENGAN METODE ECONOMIC ORDER QUANTITY 9EOQO PADA CV. KARYA UTAMA MANDIRI

Penulis

  • Harries Arizonia Ismail

Kata Kunci:

Sistem Informasi, Peramalan, Pengendalian, Persediaan, EOQ

Abstrak

Sistem informasi pengendalian persediaan berbasis web ini ditujukan untuk CV. Karya UsahaMandiri Semarang agar dapat mengendalikan persediaan baja ringan dengan lebih efisien. Sistemini menggunakan browser sebagai media pengoprasianya. Dengan adanya sistem informasipengendalian persediaan berbasis web ini diharapkan dapat mengoptimalkan penggunaan modalperusahaan, dan meningkatkan layanan kepada konsumen. Tidak akan terjadi barang menumpukterlalu banyak digudang, atau barang terlalu sedikit sehingga terjadi kehabisan barang saat terjadipenjualan. Pada sistem informasi pengendalian ini ada beberapa fitur yang dapat digunakandiantaranya untuk melihat dan melakukan transaksi baik penjualan maupun pembelian, menghitungEOQ serta melihat peramalan, menentukan safety stock dan reorder point, melihat stok gudang,melihat notofikasi stok menipis. Sistem informasi pengendalian persediaan ini dibuat menggunakanscript PHP dan data base MySQL. Karena sudah cukup dikenal, sehingga banyak buku yang dapatdigunakan sebagai referensi dalam pembuatan sistem informasi ini. Untuk menggunakan sisteminformasi ini perlu melakukan proses instalasi dengan cara instal XAMPP lalu masukan foldereoqbajaringan kedalam folder htdocs pada xampp lalu import data base eoqbajaringan.sql padaPHP MySQL. Sistem informasi ini dapat dibuka langsung melalui browser dengan alamatlocalhost/eoqbajaringan. Ukuran sistem informasi ini juga tidak terlalu besar sehingga bukan sajabermanfaat tetapi juga menghemat tempat penyimpanan.

Referensi

P. Imelda and S. A. Irwandi, “Rancangan Persediaan Bahan Baku Dengan Menggunakan Metode Eoq Studi Kasus Pada Perusahaan Rokok Ketapang Jaya Tanggulangin Sidoarjo,†Indones. Account. Rev., vol. 1, no. 02, p. 97, 2011, doi:10.14414/tiar.v1i02.323.

I. M. Gani and M. E. Saputri, “Analisis Peramalan dan Pengendalian Persediaan Bahan Baku dengan Metode EOQ pada Optimalisasi Kayu di Perusahaan Purezento,†eProceedings Manag., vol. 2, no. 2, pp. 2029–2041, 2015.

N. K. D. A. Jayanti and L. P. A. Prapitasari, “Penerapan Metode EOQ (Economic Order Quantity ) Pada Peramalan Stok Barang,†Konf. Nas. Sist. Inform., pp. 648–653, 2015.

A. Nugroho, Rekayasa Perangkat Lunak Berbasis Objek dengan Metode USDP. Yogyakarta: Andi Offset, 2010.

J. Heizer and Render, Manajemen Operasi, 9th ed. Penerbit Salemba Empat, 2009.

R. Djokopranoto, “Dari MRP Menuju ERP,†2011.

B. W. Taylor, Introduction to Management Science.(8th edition), 8th ed. Jakarta: Salemba Empat, 2005.

R. S. Pressman, Software Engineering: A Practitioner’s Approach. USA: McGrawHill, 2010.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2018-07-01

Terbitan

Bagian

Articles