https://unaki.ac.id/ejournal/index.php/majalah-ilmiah-informatika/issue/feedMajalah Ilmiah INFORMATIKA2017-07-21T21:15:17+00:00Ana Wahyuniana.wahyuni@unaki.ac.idOpen Journal Systems<p>Majalah Ilmiah INFORMATIKA diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas AKI Semarang yang berisikan tulisan yang diangkat dari hasil penelitan atau yang setara dengan hasil penelitian (Karya Ilmiah) di bidang Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Seni (IPTEKS). Majalah Ilmiah INFORMATIKA terbit 3 (tiga) kali dalam satu tahun yaitu Januari, Mei, dan September.<br />Redaksi menerima artikel yang diketik dengan format mengikuti aturan-aturan yang telah ditentukan. Redaksi berhak menetapkan tulisan yang akan dimuat, mengadakan perubahan susunan naskah, memperbaiki bahasa, meminta penulis untuk memperbaiki naskah, menolak yang dianggap tidak memenuhi syarat sesuai dengan ketentuan yang berlaku.<br />Segenap dewan redaksi mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah menyumbangkan ide, pikiran, serta naskah. Semoga kerjasama ini dapat berlangsung terus dengan baik. Kritik dan saran yang bersifat konstruktif sangat kami harapkan demi perbaikan-perbaikan pada penerbitan selanjutnya.</p>https://unaki.ac.id/ejournal/index.php/majalah-ilmiah-informatika/article/view/130PEMBUATAN APLIKASI MOBILE PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM PADA MADRASAH IBTIDAIYAH TAWANG BERBASIS ANDROID2017-07-21T21:14:01+00:00Hendri Sulistianto Hadihendrisulis@yahoo.comHarries Arizonia Ismailharries.arizonia@unaki.ac.idAna Wahyuniana.wahyuni@unaki.ac.id<p><em>Seiring dengan adanya perkembangan teknologi yang semakin pesat, kebutuhan mengenai informasi dalam segala bidang sangat dibutuhkan, terutama pada bidang pendidikan khususnya pada </em><em>Madrasah Ibtidaiyah</em><em>. Untuk </em><em>membantu</em><em> dalam pembelajaran </em><em>pendidikan agama Islam </em><em>maka diperlukan adanya sebuah media atau alat bantu pembelajaran</em><em>.</em><em> </em><em>Berdasar pada pentingnya informasi mengenai </em><em>pendidikan agama islam</em><em>, maka diperlukan sebuah media yang menginformasikan</em><em> pelajaran pendidikan agama Islam</em><em>. Program ini dibuat dengan menggunaan software </em><em>Java Eclips</em><em>. Analisis dan desain dari aplikasi </em><em>panduan anak Islam </em><em>ini menggunakan pendekatan berbasis objek dengan permodelan UML (Unified Modelling Language). Dalam program ini terdapat</em><em> beberapa menu</em><em>. Materi berisi tentang</em><em> mengenal huruf hijaiyah, surat pendek pilhan dalam Al-Qur’an dan bacaan sholat</em><em>. Untuk penggunaanya aplikasi ini perlu melakukan proses instalasi. Cukup copy folder tempat penyimpanan aplikasi ini yang berisi file </em><em>PanduanAnakIslam.apk</em><em>. Misalnya langsung dari </em><em>gadget melalui bluetooth</em><em> </em><em>karena u</em><em>kuran aplikasi ini juga tidak terlalu besar</em><em>.</em><em>   </em><em></em></p>2017-07-21T00:00:00+00:00Copyright (c) 2017 Majalah Ilmiah INFORMATIKAhttps://unaki.ac.id/ejournal/index.php/majalah-ilmiah-informatika/article/view/131VISUALISASI PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS TINGKAT SEKOLAH DASAR BERBASIS MULTIMEDIA2017-07-21T21:14:13+00:00Yohana Tri Widayatimamahyohana@yahoo.co.id<p><em>Pengenalan bahasa inggris kepada anak sedini mungkin merupakan .hal yang penting. Pengenalan tersebut dapat dilakukan dengan pembelajaran, yaitu dengan menggunakan aplikasi edutaiment seperti aplikasi multimedia pembelajaran bahasa inggris. Dengan menggabungkan unsur pendidikan dan hiburan yang merupakan konsep edutaiment serta komputer sebagai media tutorial dan peraga, sehingga dapat mempermudah pemahaman anak tentang materi yang disampaiakan. Metode pokok pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu interview, observasi dan studi pustaka. Langkah-langkah menyelesaikan aplikasi dan penelitian ini adalah merancang draft aplikasi, membuat aplikasi, melakukan pengujian, perbaikan dan yang terakhir proses finishing aplikasi. Aplikasi yang dikembangkan terdiri dari dua komposisi yaitu belajar dan latihan dan dengan metode visualisasi yang merupakan rekayasa dalam gambar dan animasi diharapkan anak-anak akan lebih termotivasi untuk belajar bahasa inggris.</em></p><p><strong> </strong></p><p><strong>Keywords:</strong> Visualisasi, aplikasi edutaimen,aplikasi multimedia, media tutorial dan peraga.</p>2017-07-21T00:00:00+00:00Copyright (c) 2017 Majalah Ilmiah INFORMATIKAhttps://unaki.ac.id/ejournal/index.php/majalah-ilmiah-informatika/article/view/132SISTEM INFORMASI PENJUALAN OBAT PADA APOTEK DHARMA HUSADA JEPARA BERBASIS MULTIUSER2017-07-21T21:14:22+00:00Sinta Tridian Galihsinta.tridian@unaki.ac.idvonny Deshantivonny.deshanti@unaki.ac.id<p><em>Apotek Dharma Husada</em><em> </em><em>Jepara</em><em> masih menggunakan sistem manual dalam proses penghitungan stock barang,dan retur,</em><em> </em><em>sistem penjualan tunai atau pelaporan stock penjualan, maka tidak dimungkinkan untuk terjadinya kesalahan semakin besar mulai dari stock barang yang tidak sama yang ada di gudang, pelaporan yang tidak sesuai dengan barang yang dijual. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka diperlukan suatu sistem berbasis multiuser sebagai salah satu solusi.Tujuan penelitian ini adalah untuk merancang suatu sistem informasi manajemen sekaligus dapat menyajikan laporan yang terkait untuk kepentingan pengolahan data transaksi penjualan dengan menggunakan bahasa pemprograman </em><em>,perancangan OOAP, UML,</em><em>Visual Basic 2010 dan database Microsoft SQL Server.Sistem Informasi tersebut terdiri dari proses pendataan data pelanggan, p</em><em>e</em><em>ndata</em><em>a</em><em>n transaksi penjualan, pendataan trasaksi pembelian, pendataan data supplier. Pengolahan data jenis barang, pengolahaan data barang, pengolahan data user dan menginput data retur pembelian.</em></p>2017-07-21T00:00:00+00:00Copyright (c) 2017 Majalah Ilmiah INFORMATIKAhttps://unaki.ac.id/ejournal/index.php/majalah-ilmiah-informatika/article/view/133SISTEM INFORMASI PARIWISATA DI KABUPATEN KLATEN BERBASIS WEBSITE2017-07-21T21:14:33+00:00Yusup .yusup@unaki.ac.idSatrio Agung Prakososatrio.agung@unaki.ac.idAndika Kiki Setyawatiandika.kiki@unaki.ac.id<p><em>Pariwisata merupakan salah satu sektor yang diharapkan dapat sebagai penghasil devisa utama, dan berperan dalam pengembangan wilayah. Selain itu, juga berkontribusi dalam penciptaan lapangan kerja, peningkatan pendapatan daerah, sekaligus meningkatkan pendapatan masyarakat dengan tetap menjaga kelestarian lingkungan alami, fisik, sosial, dan budaya. Kemampuan daerah dalam mengembangkan kepariwisataan berkelanjutan yang memberikan manfaat kepada setiap pihak merupakan tantangan yang harus dijawab setiap daerah di era otonomi sekarang. </em></p><p><em>Perkembangan internet khususnya penggunaan website dimanfaatkan diberbagai bidang, antara lain untuk keperluan pendidikan, informasi, hiburan, periklanan dan pariwisata. Seiring dengan teknologi yang semakin berkembang penggunaan website juga dimanfaatkan dalam bidang pariwisata untuk menyajikan informasi wisata.</em></p><p><em>Sektor kepariwisataaan di Kabupaten Klaten secara riil merupakan sektor yang sangat strategis karena terletak di antara dua daerah tujuan wisata, yaitu Solo - Yogyakarta yang mempunyai potensi wisata yang cukup beragam. Aneka objek pariwisata di Kabupaten Klaten yang cukup beragam belum bisa menjadikan Klaten sebagai daerah tujuan wisata seperti Yogyakarta atau Solo. Kunjungan ke tempat wisata Klaten tidak seramai di Yogyakarta maupun Solo.</em></p><p><em>Pemilihan handphone</em><em> berbasis web</em><em> pada toko sms shop</em><em>. Karena dengan berbasiskan website, sistem</em><em> mudah diupdate,</em><em> dapat diakses dimana saja</em><em>,</em><em> dan kapan saja dalam waktu 24 jam. Studi kasus ini memberikan hasil berupa hasil </em><em>produk handphone terbaik berdasarkan kriteria harga dan sistem operasi dengan penilaian kriteria yan telah dibuat</em><em>.</em><em></em></p><p> </p><p>Kata kunci : Sistem Informasi Pariwisata,Internet,website</p>2017-07-21T00:00:00+00:00Copyright (c) 2017 Majalah Ilmiah INFORMATIKAhttps://unaki.ac.id/ejournal/index.php/majalah-ilmiah-informatika/article/view/134PENGEMBANGAN PROTOTIPE MEDIA PEMBELAJARAN IPA BAGI SISWA TUNA GRAHITA DI SLB N PEMBINA YOGYA2017-07-21T21:14:47+00:00Yani Prihatiyani.prihati@unaki.ac.id<p>Di SLB Negeri Pembina Yogyakarta, proses pembelajaran IPA di kelas VII SMPLB tunagrahita ringan masih perlu ditingkatkan. Media yang digunakan selama ini kurang mendorong keaktifan dan partisipasi siswa serta cenderung hanya mengembangkan kemampuan kognitif. Perlu dikembangkan suatu media pembelajaran yang berfungsi sebagai alat bantu mengajar, sehingga siswa lebih mudah memahami peristiwa-peristiwa alamiah yang terjadi disekitar dan dapat berperilaku ilmiah dalam kehidupan sehari-hari sesuai dengan kemampuannya.</p><p>           Terdapat dua indikator keberhasilan daam penelitian ini yaitu keberhasilan proses dan keberhasilan hasil. Indikator keberhasilan proses adalah kondisi di mana siswa dapat aktif mengikuti pembelajaran IPA dengan menggunakan media yang dikembangkan. Indikator keberhasilan hasil adalah meningkatnya prosentase siswa yang mencapai KKM.</p><p>           Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran berbasis komputer dapat meningkatkan keaktifan dan partisipasi siswa serta meningkatkan hasil belajar IPA. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya prosentase siswa yang mencapai KKM sebesar 20%.</p><p>Kata kunci: media pembelajaran IPA, Lectora, tunagrahita ringan  </p>2017-07-21T00:00:00+00:00Copyright (c) 2017 Majalah Ilmiah INFORMATIKAhttps://unaki.ac.id/ejournal/index.php/majalah-ilmiah-informatika/article/view/135PENERIMAAN SISWA BARU MADRASAH ALIYAH NEGERI KENDAL BERBASIS WEB2017-07-21T21:14:59+00:00Jutono Gondohanindijojutono.gondohanindijo@unaki.ac.idAlbert Santosoalbert.santoso@unaki.ac.idUmul Amaliyahumul.amaliyah@unaki.ac.id<p><em>Permasalahan yang dihadapi oleh Madrasah Aliyah Negeri Kendal adalah belum adanya suatu sistem penerimaan siswa baru berbasis web serta menerapkannya untuk digunakan dengan efektif dan efisien sehingga dapat meningkatkan kinerja dalam pengolahan data. Madrasah Aliyah Negeri Kendal juga sangat mengandalkan pentingnya pengolahan data yang baik, terutama untuk sistem penerimaan siswa baru, karena dapat mempermudah panitia penerimaan siswa baru (PSB) untuk mengetahui jumlah siswa yang berminat masuk MAN Kendal, memudahkan pencarian data siswa jika sewaktu-waktu dibutuhkan serta memudahkan calon siswa dalam melakukan pendaftaran.</em></p><p><strong><em> </em></strong></p><p><strong>Keywords: </strong>Sistem Informasi, Penerimaan Siswa, Biodata, Analisis, Desain  </p>2017-07-21T00:00:00+00:00Copyright (c) 2017 Majalah Ilmiah INFORMATIKA