Universitas AKI (Unaki) bekerjasama dengan Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jawa Tengah menyelengarakan Workshop Pengembangan Marketing Online Lanjutan Bagi UKM Provinsi Jawa Tengah. Acara yang dibuka oleh Rektor Unaki, Dr. Tri Purwani, SE., MM tersebut berlangsung di kampus setempat Jl. Imam Bonjol 15-17, baru-baru ini.
Dalam sambutannya, Dr. Tri Purwani, SE., MM menyampaikan selama ini Unaki sering bekerjasama dengan Instansi Pemerintah maupun swasta dalam pengembangan sumberdaya manusia dalam bentuk pelatihan dan workshop. Untuk workshop kali ini merupakan kelanjutan dari kegitantahun sebelumnya tentang marketing online. Era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) pada tahun 2015 membawa peluang sekaligus tantangan bagi ekonomi Indonesia. Dengan di berlakukannya MEA pada akhir 2015, negara anggota ASEAN akan mengalami aliran bebas barang, jasa, investasi dan tenaga kerja terdidik dari dan ke masing-masing Negara, untuk itu UKM khususnya Jawa Tengah harus siap dalam menghadapi tantangan tersebut dan harus selalu berinovasi baik produk maupun strategi pemasaran salah satunya melalui marketing sistem online.
Ir. Gayatri Indah Cahyani, M.Si, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Jawa Tengah dalam sambutan tertulisnya mengucapkan terimakasih kepada Unaki selaku mitra dalam pengembagan KUMKM Jawa Tengah, semoga kegiatan ini bisa memberikan akselerasi dalam pengembagan eksport di Jawa Tengah.
Dalam kegiatan yang berlangsung 2 hari, diikuti peserta dari 30 Kabupaten Se – Jawa Tengah merupakan kelanjutan dari workshop tahun sebelumnya. Untuk peserta tahun ini mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya dan itupun tidak semua bisa menjadi peserta workshop karena keterbatasan kuota. Kebanyakan mereka puas dengan pelaksanaan workshop karena didampingi oleh instruktur-instruktur yang handal dan berpengalaman.
Materi workshop mengunakan tools yang mempunyai kemampuan dalam mengelola konten yang lebih dikenal dengan sebutan CMS (Content Management System). CMS merupakan sebuah aplikasi web memudahkan user dalam pengelolaan konten dalam sebuah WebSite. Dengan adanya CMS yang terintegrasi dengan sebuah WebSite akan memberikan suatu nilai lebih yang akan meningkatkan fungsionalitas dan fleksibiltas dari WebSite tersebut, terlebih pada WebSite yang tujuan pemanfaatannya sebagai media promosi dan membangun citra konsumen, dimana kontinuitas dan inovasi dalam pemasaran produk-produk secara berkala dan berkesinambungan sebagai suatu hal yang memegang peranan penting dalam tercapainya target pemasaran.
Diakhir workshop para peserta sudah mahir mengelola website yang berisi produk-produk unggulan di daerah masing-masing. Dengan marketing online mereka sadar akan diperoleh banyak manfaat yaitu pelanggan dapat mengunjungi website kapanpun dan dimanapun, menjangkau pasar lebih luas, murah dan efisien, serta memudahkan pelaku usaha untuk menjalin hubungan dengan para konsumen.