MOTIVASI UNTUK MENJADI PENDAMPING PENDIDIKAN IMAN ANAK ( PIA) DITINJAU DARI PERSEPSI TERHADAP TUGAS PENDAMPINGAN

Authors

  • Febrianto Aris Sandi Universitas AKI
  • Brigitan Argasiam

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara persepsi terhadap tugas pendampingan dengan motivasi menjadi pendamping pendidikan iman anak (PIA). Subjek dari penelitian ini adalah kaum muda di gereja St. Athanasius Agung Karangpanas Semarang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah incindental sampling. Jumlah sampel yang diambil adalah 40 orang. Skala yang digunakan adalah skala motivasi menjadi pendamping pendidikan iman anak dan skala persepsi terhadap tugas pendampingan. Metode analisis data diperoleh nilai korelasi sebesar rxy=0,730 dengan p= 0,000 (p<0,01), artinya terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antara persepsi terhadap tugas pendampingan dan motivasi menjadi pendamping pendidikan iman anak ( PIA). Semakin positif persepsi terhadap tugas pendampingan maka semakin tinggi motivasi menjadi pendamping pendidikan iman anak (PIA), demikian juga sebaliknya. Sumbangan efektif yang diberikan variabel persepsi terhadap tugas pendampingan terhadap motivasi menjadi pendamping pendidikan iman anak (PIA) sebesar 53,20%.

Published

2024-05-30

How to Cite

Aris Sandi, F., & Argasiam, B. (2024). MOTIVASI UNTUK MENJADI PENDAMPING PENDIDIKAN IMAN ANAK ( PIA) DITINJAU DARI PERSEPSI TERHADAP TUGAS PENDAMPINGAN. IMAGE, 1(2). Retrieved from https://unaki.ac.id/ejournal/index.php/image/article/view/424

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>