KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA SMK DITINJAU DARI IKLIM SEKOLAH
Abstract
Kedisiplinan belajar adalah ketaatan dan kepatuhan terhadap peraturan tertulis maupun yang tidak tertulis dalam proses perubahan tingkah laku yang menetap akibat dari praktik yang berupa pengalaman mengamati, membaca, menirukan, mencoba sesuatu, mendengarkan, serta mengikuti arahan yang telah ditetapkan dengan kesadaran diri sendiri tanpa ada paksaan. Sementara iklim sekolah adalah karakteristik yang menggambarkan ciri-ciri psikologis dari suatu sekolah, berupa pandangan dari para elemen sekolah seperti guru dan peserta didik terhadap berbagai aspek yang ada di lingkungan sekolah tersebut, baik aspek personal, sosial, maupun budaya; dan menyangkut afeksi yang membentuk pola perilaku. Berdasarkan observasi terhadap hasil penghitungan korelasi dengan metode Spearman-Rho terhadap skor 137 responden pada skala iklim sekolah dan skala kedisiplinan belajar didapatkan hasil koefisien korelasi sebesar 0,618, dengan tingkat signifikansi 0,00. Hasil tersebut membuktikan dan mengonfirmasi tentang adanya hubungan signifikan sekaligus menentukan arah hubungan positif antara variabel iklim sekolah dan kedisiplinan belajar. Hal ini merupakan bukti bahwa hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini diterima, yaitu terdapat hubungan positif antara iklim sekolah dengan kedisiplinan belajar siswa SMK 17 Agustus 1945 Semarang. Kata kunci: kedisiplinan belajar, iklim sekolahDownloads
Published
2024-05-24
How to Cite
Nur Imanah, I. ., & Arum Permitasari, I. R. . (2024). KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA SMK DITINJAU DARI IKLIM SEKOLAH. IMAGE, 4(1), 74-83. Retrieved from https://unaki.ac.id/ejournal/index.php/image/article/view/602
Issue
Section
Articles