PENGEMBANGAN PROTOTIPE MEDIA PEMBELAJARAN IPA BAGI SISWA TUNA GRAHITA DI SLB N PEMBINA YOGYA

Penulis

  • Yani Prihati

Abstrak

Di SLB Negeri Pembina Yogyakarta, proses pembelajaran IPA di kelas VII SMPLB  tunagrahita ringan masih perlu ditingkatkan. Media yang digunakan selama ini kurang mendorong keaktifan dan partisipasi siswa serta cenderung hanya mengembangkan kemampuan kognitif. Perlu dikembangkan suatu media pembelajaran yang berfungsi sebagai alat bantu mengajar, sehingga siswa lebih mudah memahami peristiwa-peristiwa alamiah yang terjadi disekitar dan dapat berperilaku ilmiah dalam kehidupan sehari-hari sesuai dengan kemampuannya.            Terdapat dua indikator keberhasilan daam penelitian ini yaitu keberhasilan proses dan keberhasilan hasil. Indikator keberhasilan proses adalah kondisi di mana siswa dapat aktif mengikuti pembelajaran IPA dengan  menggunakan media yang dikembangkan. Indikator keberhasilan hasil adalah meningkatnya prosentase siswa yang mencapai KKM.            Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran berbasis komputer dapat meningkatkan keaktifan dan partisipasi siswa serta meningkatkan hasil belajar IPA. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya prosentase siswa yang mencapai KKM sebesar 20%.Kata kunci: media pembelajaran IPA, Lectora, tunagrahita ringan  

##submission.downloads##

Diterbitkan

2017-07-21

Terbitan

Bagian

Articles